Sabtu, 08 Oktober 2011

Asal mula internet

Jaringan internet adalah rangkaian komputer yang terhubung menerusi beberapa rangkaian. Internet adalah sistem komputer umum, yang saling terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket.
Internet pada awalnya berupa sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel yang membentuk sebuah jaringan. Pertama kali pada tahun 1969, Internet dikembangkan dengan nama ARPAnet. Tujuan didirikannya ARPAnet adalah untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang diperkirakan rawan untuk dihancurkan bila terjadi peperangan.
Pada tahun 1977, lebih dari seratus komputer mini danmainframe terkoneksi ke ARPAnet yang sebagian besar berada di universitas. Pada awal tahun 1980-an, ARPAnet dibagi menjadi dua jaringan yaitu ARPAnet dan Milnet. Milnet merupakan jaringan militer, dimana keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi tetap dapat berjalan. Setelah dibukanya layanan Usenet dan Bitnet, Internet dapat di akses melalui Personal Computer.
Pada tahun 1986, dibentuk NSFNET yang mulai menggantikan ARPAnet. Pada bulan Maret tahun 1990, ARPAnet dibubarkan. Pada massa NSFNET, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Saat ini, terdapat lebih dari 4 juta host Internet di seluruh dunia. Sejak tahun 1988, Internet tumbuh secara cepat dan berlipat ganda setiap tahunnya.
sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA kelas XI, penerbit erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar